Fasilitasi Pelatihan 3R (Rights, Responsibility and Representations)

0
1466

ILO

Fasilitasi Pelatihan 3R (Rights, Responsibility and Representasive) untuk Pemberdayaan Perempuan dan Anak, serta Keluarga.

Kegiatan ini pada dasarnya ini diselenggarakan oleh IPEC-ILO Jakarta, sementara Puska Gender dan Seksualitas FISIP UI menfasilitasi kegiatan tersebut sebagai tenaga pelatih (trainer).  Kegiatan TOT ini dilakukan di 3 wilayah yakni :
a.    Wilayah Jakarta
b.    Wilayah Surabaya
c.    Wilayah Aceh

Ada dua trainer yang terlibat yakni :
•    Ida Ruwaida Noor   (Trainer)
•    Irwan M Hidayana   (Trainer)
•    BNR Sinta Situmorang   (Co-trainer)

Kualifikasi pelatih ditetapkan oleh ILO-IPEC, mengingat kedua pelatih (ida dan Irwan) diatas pernah terlibat dalam kegiatan  validasi modul pelatihan 3R pada bulan Februari tahun 2006 yang juga diselenggarakan oleh ILO Jakarta. Sebagai penvalidasi sekaligus mentor adalah pelatih internasional dari Belanda. Selain itu Irwan dan Ida terlibat adalam kegiatan review modul pelatihan 3R tersebut.

Pelatihan di Jakarta   diselenggarakan selama 5 hari, 26 Februari – 1 Maret 2007 di wisma PKBI jalan Hang Jebat, Jakarta.  Peserta adalah kalangan LSM pendamping anak dan remaja, baik dari Jakarta dan Sukabumi, diantaranya: PPSW, Bandung Wangi, PKBI Jakarta, PPSW Sukabumi.

Pelatihan di Surabaya diselenggarakan pada tanggal 2 – 5 Mei 2007 bertempat di hotel Narita, Surabaya. Pelatihan ini merupakan kerjasama antara ILO-IPEC Jakarta dengan Save the Children Jawa Timur. Peserta berasal dari 3 kota, yakni : Surabaya, Malang dan Banyuwangi. Latar belakang peserta adalah LSM pendamping anak dan remaja, dan guru PKBM dan atau yang terlibat dalam pendampingan anak dan remaja.

Pelatihan di Nanggroe Aceh Darussalam, diselenggarakan di Saree, Aceh Besar,  pada tanggal 8 –  12 Mei 2007.  Kegiatan diikuti juga oleh mitra ILO-IPEC NAD. Sama seperti halnya kegiatan di Surabaya, peserta adalah LSM pendamping anak dan remaja, guru, dan atau tutor.

3R training 1 3R training 2

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY