Pemutaran Film ‘Memoria’ dan ‘Bulu Mata’ untuk 16HAKTKP 2016

0
1030

Kasus kekerasan seksual tidak dapat dinafikan terjadi di tengah masyarakat kita. Pemberitaan di Indonesia diwarnai oleh kasus YY (14 tahun) di Bengkulu yang menyentak berbagai pihak. Serupa dengan kasus YY, Nona (13 tahun) di Surabaya juga mengalami hal serupa, ia diperkosa oleh 8 orang temannya yang masih berusia anak. Dalam catatan tahunan (Catahu) Komnas Perempuan 2016, dicatat bahwa terdapat 321.752 kasus terlapor dengan persentase terbesar adalah kasus kekerasan di ranah personal dengan bentuk kekerasan paling banyak adalah kekerasan fisik dan seksual. Jumlah kasus kekerasan seksual ini meningkat dari tahun lalu di peringkat ketiga, menjadi peringkat kedua pada tahun ini dengan persentase terbesar adalah bentuk perkosaan sebanyak 2.399 kasus (72%), pencabulan sebanyak 601 kasus (18%) dan pelecehan seksual (5%). Sedangkan di ranah komunitas terdapat 5002 kasus dengan jenis kekerasan tertinggi adalah kekerasan seksual (61%).[i]

Menanggapi berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan, Komnas Perempuan menggagas  Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP) di Indonesia. Kampanye ini merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia.

Kampanye ini pertama kali digagas oleh Women’s Global Leadership Institute pada tahun 1991. Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan setiap tahunnya dilaksanakan sejak tanggal 25 November yang merupakan hari Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional, hingga 10 Desember yang merupakan Hari Hak Asasi Manusia Internasional. Enam belas (16) hari ini dipilih dengan harapan seluruh komponen masyarakat, baik aktivis, pemerintah, akademisi, maupun masyarakat secara umum, memiliki waktu yang cukup untuk membangun strategi dan bergerak serentak dalam agenda bersama untuk melawan kekerasan terhadap perempuan.

Terkait dengan agenda bersama 16HAKTP 2016 di Indonesia, Pusat Kajian Gender dan Seksualitas FISIP UI yang memiliki salah satu fokus utama pada isu perempuan dan seksualitas, mengadakan pemutaran film ‘Memoria’ dan ‘Bulu Mata’ serta diskusi sebagai bentuk aksi anti kekerasan terhadap perempuan pada hari Jumat, 9 Desember 2016 pukul 13.00-17.00 WIB.

[i] http://www.komnasperempuan.go.id/siaran-pers-komnas-perempuan-catatan-tahunan-catahu-2016-7-maret-2016/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY